Gua Suruman, Sebuah Obyek Wisata Alam yang Sangat Menakjubkan di Bengkulu

Di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, terdapat sebuah obyek wisata alam yang sangat menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi. Destinasi ini berupa sebuah gua bernama Gua Suruman yang lokasinya ada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang. Gua ini berada dalam jarak kurang lebih 3 kilometer dari kawasan pemukiman penduduk.

Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut, gua tersebut mempunyai kedalaman yang sangat panjang, mencapai wilayah Pang Guci yang ada di Kabupaten Kaur. Namun cerita ini memang belum dapat dibuktikan kebenarannya, karena hingga detik sekarang memang belum ada yang menyusuri gua tersebut hingga ke bagian yang paling dalam.

Akses dan kondisi medan

Untuk mencapai Gua Surumun, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua hingga ke suatu aliran sungai yang berjarak sekitar 1 kilometer dari mulut gua. Setelah itu kendaraan harus diparkir dan dititipkan ke rumah warga setempat dan perjalanan berikutnya dilakukan dengan jalan kaki. Adapun medannya berupa jalan setapak saja.

Meski sangat minim fasilitas, obyek wisata alam Gua Surumun tetap mampu menghadirkan sebuah panorama alam yang sangat menakjubkan. Namun sebelum masuk ke gua ini, traveler harus menuruni sebuah jalan kecil yang sangat licin.

Meskipun demikian tidak usah khawatir dan takut, karena jalan tersebut sudah dilengkapi tali oleh warga. Tali ini dapat digunakan sebagai pegangan untuk memasuki dan menjelajahi gua. Hanya saja tetap dibutuhkan kehati-hatian tingkat tinggi agar tidak mudah tergelincir.

Kondisi dalam goa

Tiba di mulut gua, terdapat satu pintu buatan manusia yang dibuat di era kekuasaan penjajah Inggris. Pintu yang dibuat dari besi baja ini tidak dibuat dalam ukuran besar bahkan teramat kecil. Jadi untuk melewatinya, traveler harus berjalan secara merangkak.

Setelah itu, ketika masuk ke dalam gua akan langsung terlihat burung walet yang jumlahnya mencapai ratusan ribu ekor. Semua hidup secara bebas dengan cara saling bergelantungan di dinding-dinding gua.

Di tempat ini pula dapat disaksikan sebuah ruang yang cukup luas namun dalam kondisi yang begitu gelap karena cahaya matahari tidak mampu memasukinya. Untuk itu sangat disarankan menyiapkan lampu senter lebih dulu sebelum berangkat ke Gua Suruman ini.

Usai berjalan kaki selama kurang lebih 15 dalam gua, akan dijumpai lagi sebuah ruangan lain dengan suasana yang agak unik. Sebagian ruangan ada yang memunculkan suhu dingin tetapi di baguan ruang lain suhu udaranya cenderung hangat.

Ruang inilah yang jadi batas terakhir pengunjung dan wisatawan boleh menyaksikan berbagai keindahan dan kecantikan yang terdapat dalam gua tersebut. Karena selebihnya, sampai saat ini belum diketahui secara pasti kondisinya apakah aman dijelajahi atau tidak.