Ingin Menyaksikan Danau Unik dan Indah di Bengkulu? Danau Lebong Jawabannya

Danau Lebong, jika sedang singgah ke Bengkulu jangan pernah melewatkan tempat wisata alam yang satu ini. Segala keunikan dan keindahan bisa traveler temukan di sini. Mulai dari asal-usul danau. Bukan hanya panoramanya saja, namun juga asal-usul yang menjadi sumber pemunculan danau ini.

Penduduk yang berada di sekitar Danau Lebong belum tahu secara pasti dari mana air yang menghiasi danau ini. Entah berasal dari air hujan yang tertampung secara terus menerus atau kegiatan penggalian yang menyebabkan danau mengeluarkan mata air. Hingga detik ini tidak ada seorangpun yang dapat memastikan versi manakah yang benar.

Warga yang tinggal di sekitar danau sering menyebutnya sebagai Danau Surau atau Danau Biru. Terlepas dari adanya beberapa nama danau ini, lokasinya memang sungguh mempesona dilihat oleh mata pengunjung. Warna biru airnya begitu cantik memikat hati. Padahal ukuran danaunya tidak seluas danau lain yang ada di Bengkulu.

Keindahan Lain Danau Lembong

Bukan hanya keindahan yang terpancar dari birunya air danau saja, ada keindahan lain yang mendukung panorama keindahan danau. Salah satunya yaitu pemandangan dari perbukitan yang menjadi latar belakang danau. Lokasinya juga sering dipilih sebagai spot selfie dan foto bersama oleh sebagian besar pengunjung khususnya anak muda dan remaja.

Keunikan lain Danau Lebong adalah tidak adanya ikan-ikan yang hidup di danau, tak seperti danau yang lain. sehingga Danau Lebong akan terlihat seperti kolam renang raksasa. Namun disarankan traveler tidak berenang kedalamnya karena Danau Lebong mempunyai kedalaman hingga 40 meter. Sedangkan kelilingnya sekitar 300 meter.

Fasilitas dan rute perjalanan

Fasilitas yang disediakan Danau Lebong cukup memadai seperti warung kecil yang menjual minuman dan makanan, tempat parkir hingga spot-spot untuk bersantai menikmati keindahan Danau Lebong.

Danau Lebong terletak di Desa Surau, Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Untuk masuk ke daerah ini dapat dikatakan cukup sulit karena traveler membutuhkan tenaga serta kendaraan yang baik. Jarak dari Bengkulu untuk sampai di Danau Lebong cukup jauh, kurang lebih 35 kilometer.

Sekitar 7 kilometer jalan yang akan ditempuh merupakan medan yang sulit dilalui. Setelah sampai di sekitar danau, jalan terjal dan bebatuan akan menyambut traveler. Di kiri dan kanan jalan ada hutan dan pemandangan hijau yang menghiasi. Namun rasa letih ini akan segera hilang setelah sampai di danau.

Obyek wisata alam Danau Lebong merupakan destinasi yang menawarkan ketenangan karena suasananya yang sunyi. Jadi sangat pas untuk para traveler pecinta ketenangan. Apabila ingin mencari nuansa yang lebih sepi lagi, sebaiknya datang pada hari biasa, bukan hari Minggu.